Baby Sky

Hari Terakhir OBM

This slideshow requires JavaScript.

Sabtu, 14 Agusutus 2010 adalah hari terakhir kegiatan Orientasi Belajar Mahasiswa (OBM) bagi mahasiswa baru S1 Reg 2010 di Universitas Indonesia. Pelajaran saya hari ini adalah LS (Learning Skill) di F. Psikologi gedung C 307. Seperti LS Rabu kemarin, hari ini fasilitator kami kembali KakMiftah dan Kak Andra.

Kami melakukan serangkaian kegiatan mulai dari materi hingga permainan yang bermakna sesuatu. Yang paling saya ingat adalah permainan suit revolusi. Begini permainannya. Pertama status kita adalah telur dg melingkarkan kedua tangan kita di udara. Lalu sesama telur bersuit. Yang menang akan naik tingkatan menjadi ayam dg meletakkan tangan di kedua ketiak (meniru bentuk ayam). Sesama ayam suit maka yang menang akan menjadi dinosaurus dg gerakan tangan seperti akan mencakar. Dan seterusnya, dari dinosaurus menjadi spiderman dg mengacungkan jari kelingking, telunjuk dan jempol. Terakhir menjadi dewa dg mengatupkan kedua telapak tangan di depan dada spt seorang dewa, dan mereka yg telah mencapai tingkat dewa disilakan duduk. Sedangkan tiap suitan, yg kalah harus turun satu tingkatan.

Entah kenapa, saya selalu kalah dalam tiap suitan. Posisi saya masih saja menjadi telur sedangkan beberapa teman saya sudah duduk dan menjadi dewa. Saya seperti batu loncatan untuk teman2 saya untuk naik tingkat.

Setelah sekian lama, saya mulai naik, mulai naik. Senang sekali saya akhirnya bisa menjadi DEWA!! Saya buru2 menuju tempat duduk, saat Kak Andra bilang “Cukup, siapa saja yang masih berdiri nih?”

Waa… pas sekali timing saya menang… Horee…

Selain permainan suit revolusi, kami juga bermain rumah dan tupai. Mungkin teman2 juga tahu permainan apa itu. Jadi di satu kelompok ada dua orang menjadi rumah, dan satu orang menjadi tupainya. Ada tiga instruksi. Pertama, banjir, artinya tupai harus mencari rumah lain untuk ditinggali. Kedua, kebakaran, artinya rumah harus mencari orang lain untuk menjadi rumah yg ditinggali tupai. Ketiga, badai, artinya setiap orang harus menjadi orang atau rumah untuk membentuk kelompok rumah dan tupai itu lagi. Untuk permainan ini, saya hanya sekali tidak endapat bagian apa2 sehingga menjadi pemberi instruksi.

Di kelas ini, saat istirahat, karena puasa jd tidak ada yg ke kantin, beberapa orang sibuk dg hape masing2, baca Al Qur’an, baca buku lain, tidur, dan Main Kartu dg sorakan yg menyala-nyala!! Memang kawan, kontras sekali.. hehe..

Pukul 15.00 kami bersiap-siap untuk mengakhiri kelas ini, yg berarti akhir dr kelas OBM yg telah kami jalani selama satu minggu ini. Cukup sedih, karena selama satu minggu ini kami telah menjalani banyak hal. Karena kebanyakan materi memakai metode kerja kelompok, tiap hari kami dibagi-bagi dalam kelompok yg berbeda-beda sehingga keakraban dg masing2 makin terasa.

Sebelum mengakhiri kelas hari ini, kami berbagi no hape dan alamt fb masing2. Tidak lupa, yang paling wajib adalah sesi foto2!

Malamnya, akun fb saya berteman dg banyak akun2 baru.

Well, itu saja untuk post kali ini.

Buat teman2 OBM kelas saya, trims untuk kisah satu minggu ini bersama kalian. Senang pernah bersama kalian semua.

난 친구야!!

고마워!!

정말 사랑해요

Leave a Reply

